Tuesday, February 26, 2013

Soal-soal Biologi SMA : Sistem Ekskresi

Dalam postingan kali ini, soal-soalbiologisma.blogspot.com menampilkan soal-soal latihan untuk kelas XI IPA dengan materi pokok : organ dan sistem organ, dengan sub materi Sistem Ekskresi pada hewan dan manusia.

Untuk soal-soal berikut ini, pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Ikan termasuk kelompok hewan vertebrata dengan tipe ginjal ........
  • pronefros
  • mesonefros
  • metanefros
  • opistonefros
  • nefridium
2. Dalam sistem ekskresinya, Burung mengeluarkan hasil ekskresinya bersama-sama dengan hasil  sisa pencernaan makanan [ feces ], hal ini disebabkan karena ..........
  • burung hanya memiliki kloaka
  • urine keluar melalui uretra
  • organ ekskresinya berhubungan dengan  organ reproduksi
  • ginjal burung menyatu dengan usus
  • saluran ginjalnya buntu
3. Hewan-hewan di bawah ini adalah hewan yang memiliki vesika urinaria dalam sistem ekskresinya, kecuali ........
  • burung
  • kucing
  • anjing
  • katak
  • kepiting
4. Sistem ekskresi yang tidak ada hubungannya dengan kloaka terdapat pada hewan berikut ...
  • katak
  • ayam
  • burung merpati
  • ikan
  • penyu
 5. Urine merupakan sisa metabolisme yang diekskresikan melalui ginjal, dan banyak mengandung..
  • asam amino
  • albumin
  • glukosa
  • urea
  • gliserin
6. Satuan struktural dan fungsional terkecil dari organ ginjal adalah ......... dengan fungsi .....
  • neuron, menyaring darah
  • nefron, menyaring darah
  • neurit, membentuk urine
  • papula, menampung urine
  • medulla, membuang urea
7. Ayaman kapiler darah dalam ginjal terdapat banyak di bagian ........... dari ginjal.
  • kapsula bowman
  • lengkung henle
  • columna bertili
  • glomerulus
  • medulla spinalis
8. Bila pada tes urine seseorang dengan reagen biuret diperoleh warna ungu, dapat dimungkinkan ada kerusakan ginjal pada bagian .........
  • glomerulus
  • kapsula bowman
  • badan malpighi
  • vesika urinaria
  • tubulus kontortus
9. urutan tahap pembentukan urine pada sistem urinaria manusia adalah ........
  • filtrasi-reabsorbsi-augmentasi
  • filtrasi-augmentasi-reabsorbsi
  • reabsorbsi-filtrasi-augmentasi
  • reabsorbsi-augmentasi-filtrasi
  • augmentasi-filtrasi-reabsorbsi
  • augmentasi-reabsorbsi-filtrasi
10. Kelebihan karbohidrat dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk .......
  • air dan carbon monoksida
  • bilirubin
  • urea
  • glukosa
  • air dan karbon dioksida
ini lah beberapa contoh soal-soal biologi sma dengan materi pokok organ dan sistem organ, khusunya sub materi pokok sistem ekskresi pada hewan dan manusia.

selamat berlatih, sukses buat anda

Friday, February 22, 2013

soal-soal Biologi SMA : Fenomena Evolusi dan hubungannya dg keseimbangan populasi

Kali ini soal-soalbiologisma.blogspot.com menampilkan latihan soal biologi untuk SMA kelas XII  dengan materi pokok Evolusi, sub pokok materi : fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi.

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Spallanzani dan Pasteur merupakan dua orang ilmuwan yang memiliki kesimpulan yang sama tentang fenomena asal usul kehidupan. Persamaan kesimpulan keduanya adalah .........
a. kehidupan berasal dari benda mati
b. di udara terdapat mikroba yang dapat mencemari  makanan dan minuman
c. kaldu yang dipanaskan dan ditutup tidak akan mengandung mikroba
d. mahkluk hidup yang ada saat ini berasal dari mahkluk hidup yang ada sebelumnya
e. mahkluk hidup terjadi secara spontan karena ada nya gaya hidup

2. Konsep evolusi kimia Harold Urey menyakini bahwa kehidupan berasal dari .........
a. zat organik yang terurai menjadi zat anorganik
b. zat anorganik yang mengalami reaksi kimia membentuk makromolekul
c. asam amino menjadi protein sebagai bahan dasar kehidupan
d. gas-gas yang terdapat di atmosfer
e. benda mati yang mengalami serangkaian proses menjadi benda hidup

3. Perhatikan organ-organ berikut !
i. tangan manusia        ii. sayap burung        iii. sayap belalang         iv. kaki depan pesut
v. sirip dada ikan lele
Diantara mereka ada organ yang homolog dan ada juga organ yang analog. Pernyataan yang berkaitan dengan fenomena homologi dan analogi, adalah ....
a. i dan iii homolog, iv dan v analog
b. i dan iv homolog, iii dan v analog
c. i dan ii homolog, ii dan iii analog
d. ii dan v homolog, i dan iv analog
e. iii dan v homolog, ii dan iv analog

4. Berikut ini yang bukan merupakan inti teori Evolusi yang dikemukakan oleh C.R Darwin,adalah...
a. evolusi terjadi karena seleksi alam
b. organisme yang adaptif akan bertahan
c. adanya organ yang digunakan dan organ yang tidak digunakan
d. organisme yang berjuang keras akan tetap bertahan
e. organisme yang tidak adaptif akan tersisih atau punah

5. Menurut Hardy Weinberg evolusi terjadi jika.........
a. tidak terjadi mutasi
b. tidak ada seleksi alam
c. ukuran populasi sangat besar
d. adanya seleksi alam
e. semua anggota populasi fertilitasnya sama

6. Suatu populasi terdiri atas wanita buta warna sebanyak 25%. Prosentase wanita normal dan wanita butawarna adalah ..........
a. 25 % dan 50%
b. 25% dan 25%
c. 50% dan 25%
d. 50% dan 50%
e. 25% dan 75%

7. Di kota As terdapat penderita albino sebanyak 25 orang. Jumlah seluruh pendudunya adalah 10000 jiwa.Jum;ah penduduk yang membawa sifat albino tetapi tidak menderita albino adalah .........
a. 475 jiwa
b. 500 jiwa
c. 950 jiwa
d. 4750 jiwa
e. 9500 jiwa

8. Kejadian-kejadian yang terdapat di alam antara lain :
i. populasi Biston betularia bersayap hitam meningkat setelah revolusi industri di kota-kota besar di Inggris
ii. paruh burung menjadi lebih pendek karena mencari biji di antara bebatuan
iii. ditemukan belalang hijau lebih banyak di lapangan rumput
iv. kaki kuda bertambah panjang karena digunakan untuk berlari
Kejadian yang menunjukkan fenomena seleksi alam adalah ........
a. i dan ii
b. i dan iii
c. ii dan v
d. ii dan iv
e. iii dan iv

9. Beberapa siswa melakukan percobaan sebagai berikut !
perlakuan  A : sepotong daging dimasukkan ke dalam wadah tertutup rapat
perlakuan B : sepotong daging dimasukkan ke dalam wadah dibiarkan terbuka
perlakuan C : sepotong daging dimasukkan ke dalam wadah dengan ditutupi kain kasa

Pernyataan yang sesuai dengan percobaan / hasil percobaan tersebut adalah ........
a. perlakuan A akan ditemukan belatung setelah 1 minggu
b. belatung dalam daging pada perlakuan B berasal dari telur lalat
c. pada perlakuan C lalat akan bertelur pada daging
d. pada perlakuan A dan B membuktikan bahwa mahkluk hidup berasal dari benda mati
e. pada perlakuan C lalat tidak akan bertelur

10. Menurut teori evolusi kimia, kehidupan berasal dari senyawa-senyawa kimia alam yang bereaksi membentuk asam amino. Senyawa kimia yang dimaksud adalah ........
a. metana, amonia, karbondioksida dan hidrogen
b. metana, amonia, karbondioksida dan air
c. metana, amonia, karbondioksida dan oksigen
d. asam amino, metana, amonia dan hidrogen
e. amonium, metana, karbondioksida dan air

Inilah beberapa contoh soal seputar evolusi yang bisa Anda gunakan untuk menguji , melatih penguasaan konsep seputar evolusi.
Nantikan soal-soal biologi SMA lainnya  di soal-soalbiologisma.blogspot.com
Selamat berlatih, selamat belajar, sukses buat Anda semua.

Wednesday, February 20, 2013

soal-soal biologi SMA : Komponen ekosistem

Dalam postingan kali ini, soal-soalbiologisma.blogspot.com akan menyajikan soal / latihan soal untuk kelas X semester genap dengan materi pokok Ekologi sun materi komponen-komponen ekosistem.

Pilihlah satu jawaban yang paling benar !

1. Perhatikan komponen-komponen berikut ini :
 i. tumbuhan
ii. cahaya matahari
iii. bakteri saprofit
iv. jamur parasit
v. air
vi. suhu dan kelembaban
Komponen yang merupakan komponen  biotik adalah ..........
a. i , ii , iii
b. i , ii , iv
c. i , iii , iv
d. ii , v , vi
e. iii , v , vi

2. Komponen biotik akan menduduki tingkatan trofii I dengan posisi sebagai  produser jiks komponen biotik tersebut ............
a. berdaun
b. dapat membebaskan oksigen
c. dapat mensintesis senyawa organik
d. berfifat kemoautotrof
e. mampu menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik

3. Koloni Lebah madu [ Apis indica ] terdiri atas individu-individu yang memiliki tugas dan peran berbeda. Dalam konsep ekologi, koloni lebah madu tersebut dinamakan ......
a. ekosistem
b. komunitas
c. nisia
d. populasi
e. bioma

4. Pernyataan yang berkaitan dengan konsumen adalah sebagai berikut, kecuali ..........
a. mampu menyusun senyawa organik sendiri
b. tidak mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia
c. hidup sebagai heterotrof
d. hidupnya bergantung pada ketersediaan bahan organik di alam
e. bahan makanannya baik secara langsung atau tidak langsung diperoleh dari tumbuhan

5. Coelenterata, porifera, echinodermata merupakan komponen biotik yang menyusun ekosistem ....
a. pantai
b. hutan basah
c. laut
d. air payau
e. padang pasir

6.  Dalam sebuah ekosistem padang rumput , yang menduduki tingkat trofi III adalah dari kelompok.....
a. produsen
b. herbivora
c. carnivora
d. dekomposer
e. detritivor

7. Kelompok detritivor dalam ekosistem ladang terdiri atas organisme dari golongan ....
a. cacing tanah
b. jamur saprofit
c. bakteri pengurai
d. tumbuhan lumut
e. tumbuhan paku

8. Dalam suatu ekosistem, komponen biotik yang berperan menyediakan bahan-bahan anorganik bagi kelompok produser adalah ..........
a. mikroba pengurai
b. jamur parasit
c. organisme penghancur sampah
d. herbivora
e. omnivora

Monday, February 18, 2013

Soal-soal Biologi SMA : Kingdom Archaeobacteria dan Eubacteria

soal-soalbiologisma.blogspot.com dalam postingan kali ini akan menyajikan soal-soal latiham seputar materi kingdom eubacteria dan archaeobacteria , ciri-ciri dan peranannya dalam kehidupan manusia.

Pilihlah jawaban yang paling benar !

1.Peranan bakteri Rhizobum leguminosorum dan Azetobacter aceti bagi kehidupan manusia adalah ....
a. mengikat N2 bebas dan pembuatan asam asetat
b. mengikat N2 bebas dan pembuatan antibiotik
c. mengikat N2 bebas dan asam cuka
d. menyuburkan tanah dan pembentukan senyawa nitrat
e. mengikat N2 bebas dan pembuatan vitamin K

2. Jenis-jenis bakteri yang menghasilkan antibiotik, adalah .........
a. Streptomyces , Penicillium notatum
b. Staphylococcus sp , Pseudomonas sp
c. Penicillium notatum , Penicillium chrysogenum
d. Penicillium camembert , Penicillium requefort
e. Bacillus subtilis , Pseudomonas cocovenerans

3.  Contoh bakteri yang bersifat patogen adalah ...................
a. Treponema pallidum , penyebab penyakit tifus
b. Diplococcus pneumoniae , menyebabkan penyakit disentri
c. Vibrio comma , menyebabkan penyakit kolera
d. Clostridium tetani , menyebabkan penyakit lepra
e. Neisseria gonorrhoeae , menyebabkan penyakit sifilis

4. Pada Escherichia coli ditemukan organel-organel sel di bawah ini, kecuali ...........
a. nukleus
b. membran sel
c. dinding sel
d.asam nukleat
e. plastida

5. Pada pemeriksaan air minum, untuk memeriksa ada tidaknya pencemaran oleh tinja [ kotoran manusia / feces ] digunakan parameter adanya salah satu jenis bakteri yaitu ...........
a. Streptomyces sp
b. Balantidium coli
c. Vibrio cholerae
d. Escherichia coli
e. Salmonella thyphosa

6. Bakteri aerob berbeda dengan bakteri anaerob, karena ..........
a. bakteri aerob hidup di tempat lembab
b. bakteri anaerob hidup di tempat kering
c. bakteri anaerob dapat hidup tanpa oksigen bebas
d. bakteri anaerob hidup dengan adanya oksigen bebas
e. bakteri aerob hidup tanpa oksigen bebas

7. Kelompok Archaeobacteria yang mampu hidup di tempat ekstrim berkadar garam tinggi adalah ......
a. Salmonella
b. Thermophyl
c. Halofil
d. Thiobacillus
e. Thermoacidofil

8. Bakteri Salmonella thyphosa merupakan sejenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit ....
a. Tifus , pada hewan ternak
b. tifus , pada manusia
c. antraks , pada hewan ternak
d. sifilis , pada manusia
e. kencing nanah , pada manusia

9. Pasangan yang tepat antara jenis anggota monera dan peranannya dalam kehidupan, adalah ..
a. Nitrosomonas , membebaskan nitrogen bebas ke udara
b. Bacillus thuringiensis , sebagai bio insectisida
c. Clostridium botulinum , penghasil asam cuka
d. Anabaena , membentuk senyawa nitrat dari nitrit
e. Acetobacter sp , penghasil alkohol

10. Anggota archaeobacteria ada yang mampu hidup di dalam saluran pencernaan hewan memamah biak. Jenis yang dimaksud dalam pernyataan ini adalah ......
a. Methanobacterium omelenskii
b. Escherichia coli
c. Balantidium coli
d. Vibrio cholerae
e. Penicillium camembert

inilah beberapa contoh soal-soal biologi sma yang berkaitan dengan materi kingdom Archaeobacteria dan kingdom Eubacteria.
Selamat Berlatih ....Semoga bermanfaat.

Sunday, February 17, 2013

Soal Biologi SMA : Kingdom Animalia

Berikut ini adalah soal-soal biologi sma/ma kelas X dari materi pokok Mahkluk Hidup dan Peranannya dari sub topik : kingdom animalia

Pilih satu jawaban yang paling benar !

1. Dunia hewan / kingdom animalia memiliki persamaan dengan dunia jamur / kingdom Fungi dalam hal seperti berikut ini, kecuali ...........
a. eukariotik
b. heterotrof
c. multiseluler
d. tidak memilki klorofil
e. memiliki membran sel

2. Anggota filum Arthropoda yang memiliki rangka luar / eksoskeleton, tidak bersayap, kepala menyatu dengan dada / cephalothorax, dan bernafas dengan menggunakan insang termasuk ke dalam kelompok / kelas ...............
a. crustacea
b. arachnida
c. myriapoda
d. insecta
e. ciliopoda

3.   Suatu mahkluk menunjukkan ciri-ciri : triploblastik aselomata dalam perkembangan embrionya. Pernyataan yang tidak sesuai dengan ciri yang digambarkan di atas adalah ..................

a. memiliki lapisan embrional ektoderm, mesoderm dan endoderm
b. terdapat rongga yang membagi mesoderm menjadi dua bagian
c. tidak terdapat rongga antara endoderm dan mesoderm
d. tidak terdapat rongga tubuh yang terbentuk
e. struktur tubuh lebih kompleks dari pada hewan diploblastik

4. Penyakit filariasis atau penyakit kaki gajah adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh sejenis cacing bernama .............
a. Wuchereria bancrofti
b. Trichinella spiralis
c. Taenia saginata
d. Taenia solium
e. Fasciola hepatica

5. Ciri-ciri yang bisa ditemukan pada kelompok invertebrata antara lain :
i. Tubuh simetris bilateral
ii. diploblastik
iii. memiliki rangka tubuh
iv. pencernaan intraseluler
v. sistem saraf berupa sistem saraf difuse
vi. reproduksi seksual dengan budding
Ciri-ciri yang dimiliki oleh filum Porifera antara lain ........
a. 1, 2 dan 3
b. 2 , 3 dan 4
c. 4 , 5 dan 6
d. 1 , 3 dan 5
e. 3 , 4 dan 6

6. Ubur-ubur / Aurelia merupakan hewan laut yang termasuk golongan ...............
a. Echinodermata
b. Mollusca
c. Porifera
d. Coelenterata
e. Porifera

7. Proses pencernaan makanan pada kelompok porifera terjadi pada bagian bernama .........
a. choanosid
b. amoebosid
c. oskulum
d. spikula
e. saluran air

8. Cacing wawo dan cacing palolo merupakan hewan laut yang bagi penduduk setempat biasa dikonsumsi sebagai bahan makanan / lauk pauk. Jenis cacing ini dalam klasifikasi dimasukkan ke dalam kelas ...........
a. polychaeta
b. oligochaeta
c. termatoda
d. turbellaria
e. cestoda

9. Beberapa anggota dari filum porifera ada yang berguna bagi manusia. Salah satunya adalah spongia yang bagian tubuhnya dimanfaatkan oleh manusia sebagai spons untuk mandi. Porifera jenis ini diketahui termasuk dalam kelas ...........
a. hexactinellida
b. Demospongiae
c. calcarea
d. spongila
e. ascon

10.  Beberapa jenis cacing ada yang hidupnya parasit di dalam tubuh mammalia terutama pada sistem  pencernaan sapi. Nama cacing tersebut adalah .............
a. Taenia solium
b. Planaria sp
c. Fasciola hepatica
d. Taenia saginata
e. Ascaris lumbricoides



soal-soalbiologisma : Bioteknologi

Dalam postingan kali ini, soal-soalbiologisma.blogspot.com menyajikan contoh soal Latihan.
Berikut ini adalah beberapa soal yang berkaitan dengan materi pokok bioteknologi.

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Ilmu pengetahuan alam yang paling dekat dan menjadi dasar bioteknologi kultur jaringan [ culture tissue ] pada tumbuhan, adalah ....................
a. biokimia
b. biologi molekuler
c. fisiologi
d. genetika molekuler
e. mikrobiologi

2. "Sesuatu" yang dapat digunakan sebagai vektor dalam proses rekayasa genetika misalnya dalam produksi hormon insulin, adalah ..........
a. inti sel
b. kromosom
c. nyamuk
d. plasmid bacteri
e. protoplasma

3. Salah satu jenis mikroba  yang dimanfaatkan dalam bioteknologi pertambangan [ biohidrometalurgi ] adalah Thiobacillus ferrooxidans .  Peranan yang diberikan oleh jenis mikroba ini dalam industri logam berat adalah ...........

a. memisahkan logam dari bijihnya
b. mengoksidasi bijih logam agar menjadi logam yang diharapkan
c. mereduksi besi dan senyawa belerang yang melekat pada batuan
d. mengekstraksi logam dari limbah-limnah industri
e. merombak logam tembaga dari besi pembungkus bijih emas sehingga didapatkan emas murni

4. Hubungan yang tepat antara jenis mikroba dan produk/jasa yang dihasilkannya dalam upaya memberi nilai tambah bahan mentah adalah ....................
a. Aspergillus oryzae = tempe
b. Rhizopus oryzae = tauco dan kecap
c. Saccharomyces cerevisiae = roti
d. Streptococcus lactis = keju dan roti
e. Pencillium requefort = yoghurt dan roti

5.  Berikut ini adalah produk-produk bahan makanan yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari,
i. tempe
ii. tahu
iii. tape
iv. bir
v. sirup
vi. kecap
Produk yang dihasilkan melalui proses biofermentasi dengan memanfaatkan kemampuan mikroba disebut  melakukan asimilasi . produk di atas yang melakukannya adalah ............
a. 1 , 2 dan 3
b. 1 , 2 dan 5
c. 2 , 3 dan 5
d. 3 , 4 dan 6
e. 2 , 5 dan 6

6. Kultur jaringan merupakan bioteknologi yang memiliki peran begitu besar dalam bidang pertanian. Salah satu manfaat yang diperoleh dari teknologi ini adalah .............
a. tanaman jenis unggul dengan hasil bervariasi
b. keturunan yang sifatnya unggul dalam jumlah besar
c. tanaman jenis baru yang tahan hama dan penyakit
d. individu baru dalam jumlah besar dalam waktu yang relativ singkat
e. individu baru yang cepat berkembang biak

7. Penerapan teknologi rekayasa genetika pada manusia pertama kali adalah pada penderita penyakit ...........
a. malaria
b. diabetus melitus
c. asma
d. gagal ginjal
e. jantung koroner

8. Berikut ini yang bukan merupakan produk bioteknologi konvensional [ kuno ] , adalah .......
a. alkohol / ethanol
b. asam cuka
c. insulin dari gen manusia
d. nata de coco
e. susu asam

9. Tehknik mutasi buatan terhadap tanaman hortikultura misalnya buah-buahan , pada prinsipnya adalah .............
a. mutasi sel somatik poliploidi
b. mutasi gonad agar tidak terbentuk alat perkembangbiakan seksual
c. mutasi gen yang diharapkan dapat memperbaiki sifat tanaman
d. mutasi gen dan mutasi somatik agar diperoleh sifat / bentuk tanaman yang dikehendaki manusia
e. mutasi gen yang diharapkan sifatnya seperti induknya

10. Tumbuhan atau hewan yang diperoleh melalui proses rekayas genetik, disebut ...........
a. eksplan
b. metagenik
c. mutan
d. transgenik
e. transplantasi