Tuesday, April 16, 2013

Soal-soal Pencemaran / Polusi

Berikut ini adalah soal-soal tentang pencemaran lingkungan / polusi. Ini adalah materi untuk kelas X semester genap dengan pokok materi Lingkungan.

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan ciri zat yang dikatakan sebagai polutan, adalah ..........
a. keberadaannya tidak merugikan
b. jumlahnya melebihi batas normal
c. berada pada saat yang tidak tepat
d. berada pada tempat yang tidak semestinya'
e. mengganggu kesehatan dan bisa menyebabkan penyakit

2. Berikut ini adalah beberapa zat / materi yang bisa kita jumpai di sekitar kita :
i. botol bekas air mineral
ii. nikel
iii. kadmium ( cd )
iv. kaleng roti
v. plastik belanja
Yang menjadi indikator adanya pencemaran fisik, adalah ..............
a. i, ii  dan iii
b. i, iii dan v
c. i, iv dan v
d. ii, iii dan iv
e. ii, iii dan v

3. Polutan yang berupa bahan organik biasanya tidak membahayakan lingkungan, karena mempunyai sifat ...
a. dapat diuraikan
b. tidak dapat diuraikan
c. tidak dapat berdegradasi
d. tidak menimbulkan pencemaran
e. mengganggu keseimbangan lingkungan

4. Nilai DO dapat digunakan sebagai indikator / petunjuk adanya pencemaran badan air yang disebut dengan parameterv ...............
a. fisik
b. kimia
c. biologi
d. biokimia
e. mikrobiologi

5. Sungai yang telah tercemar bahan organik dapat mengalami pembersihan sendiri yang disebut .........
a. polusi
b. suksesi
c. eutrofikasi
d. self purification
e. waterborne disease

6. komponen biotik di alam yang dapat digunakan sebagai parameter biologi adanya pencemaran air, adalah ....
a. Escherichia coli
b. Entamoeba coli
c. Salmonella typhosa
d. planton dan nekton
e. ikan besar

7. Penggunaan pestisida di lahan pertanian secara terus menerus, selain mencemari lingkungan juga dapat memberikan dampak negatif lain, yaitu ............
a. meningkatnya hasil panen
b. meluasnya distribusi serangga hama
c. menurunnya populasi serangga
d. meningkatnya resistensi serangga hama
e. menurunnya keanekaragaman jenis serangga

8, Jika ekosistem perairan tawar tercemar pestisida, maka kadar bahan pencemar / polutan tertinggi terdapat pada ..............
a. air tawar
b. ikan kecil
c. ikan besar
d. fitoplankton
e. zooplankton

9. Senyawa berikut ini yang bukan merupakan penyebab terjadinya pencemaran udara / polusi udara, adalah....
a. CO2
b. NO2
c. H2S
d. H2O
e. SO2

10. CFC ( Chloro Flouro Carbon ) yang banyak digunakan dalam alat pendingin ruangan [ AC ] diduga menjadi penyebab timbulnya kerusakan lingkungan sebab .............
a. merusak lapisan ozon
b. meningkatnya suhu di bumi
c. mengakibatkan hujan asam
d. mengakibatkan efek rumah kaca
e. menyebabkan penyakit emfisema

Isilah titik-titik berikut ini, sehingga menjadi kalimat yang benar ditinjau dari sudut pandang biologi !

11. Gas monoksida [ karbon monooksida ] merupakan senyawa beracun yang membahayakan organisme lain termasuk manusia, karena apabila gas masuk ke dalam aliran darah akan bereaksi dengan ............... membentuk ............................

12. Asap rokok menyebabkan terjadinya salah satu pencemaran  udara karena mengeluarkan gas hasil pembakaran, yaitu .........................

13. Perhatikan bahan-bahan berikut !
      i. styrofoam
     ii. kaleng susu kental
    iii. daun pisang
     iv. botol kecap
     v. sisa makanan
    vi. plastik kresek
Yang merupakan jenis limbah organik adalah ....................

14. Salah satu upaya mengatasi pencemaran lingkungan adalah dengan menggunakan prinsip reuse, yang artinya ..................................................

15. Beberapa aktifitas manusia yang berpotensi besar terhadap pencemaran lingkungan , adalah ................................

Sekian dulu, selamat berlatih.

Monday, April 8, 2013

Soal Latihan Komponen Penyusun Ekosistem dan Perubahannya

Soal-soalbiologisma.blogspot.com kali ini akan menyajikan soal-soal laihan biologi untuk SMA kelas X semester genap. Materi pokok : Ekosistem dengan sub materi komponen penyusun ekosistem dan perubahannya.

pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Koloni lebah madu terdiri dari individu-individu dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Dalam konsep ekologi koloni lebah tersebut merupakan suatu ..............
  • organ dan sistem
  • organisme
  • populasi
  • komunitas
  • ekosistem
2. Untuk dapat menempati tingkat trofi I , suatu organisme harus ..............
  • berdaun
  • mampu melepaskan oksigen ke lingkungan
  • mampu mensintesis bahan organik
  • mampu berkembang biak secara seksual
  • hidup sebagai saprofit atau parasit
3. Di sebuah kolam air tawar terdapat organisme antara lain : ikan mas, Hydrilla dan mikroorganisme dengan air yang terlihat keruh. Tingkatan organisasi kehidupan tersebut termasuk ............
  • populasi
  • komunitas
  • ekosistem
  • bioma
  • biosfer
4. Pernyataan di bawah ini yang tidak berkaitan dengan konsumen, adalah ..............
  • organisme yang mampu menyusun senyawa organik dari senyawa anorganik
  • organisme yang tidak mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia
  • mahkluk hidup yang tergolong heterotrof
  • mahkluk hidup yang bergantung pada bahan organik yang sudah jadi
  • bahan makanannya secara langsung atau tidak langsung
5. Perburuan liar terhadap burung-burung karnivor pada lingkungan pertanian, akan menimbulkan masalah baru bagi para petani karena ...........
  • hasil pertanian menurun akibat penyerbukan kurang
  • sumber protein dari daging burung berkurang
  • populasi ulat pemakan daun meningkat
  • pupuk kandang dari kotoran burung berkurang
  • kicauan burung-burung di lahan pertanian berkurang
6. Ekosistem darat alami di Indonesia terdiri atas beberapa ekosistem vegetasi pamah, vegetasi pegunungan dan vegetasi monsum. Terbentuknya berbagai ekosistem tersebut karena ...........
  • perbedaan udara dan jenis tanah
  • perbedaan letak garis lintang dan ketinggian
  • perbedaan jenis mahkluk hidup yang mendiaminya
  • perbedaan topografi daerahnya
  • persamaan jenis tanah dan mahkluk hidupnya
7. Interkasi predasi terlihat pada ................
  • cara bertani dengan sistem tumpangsari antara padi dan jagung
  • bakteri mati karena pengaruh jamur Penicillium notatum
  • pemberantasan hama wereng menggunakan kutu loncat
  • terdapatnya bintil-bintil akar pada akar tanaman kacang tanah
  • jamur dan ganggang membentuk lichenes / lumut kerak
8. Pada ekosistem sawah terdapat berbagai organisme, di antaranya terdapat padi dan gulma padi. Antara kedua populasi tersebut terjadi interaksi ..................
  • kompetisi
  • parasitisme
  • predasi
  • mutualisme
  • komensalisme
9. Dalam suatu wilayah terbatas dengan populasi berbagai banyak species kemungkinan bersaing lebih kecil bila dibanding daerah itu dihuni beberapa species saja. Sebab organisme yang speciesnya sama............
  • mempunyai kebutuhan biologis yang sama
  • mempunyai angka kematian sama
  • mempunyai viabilitas sama
  • dapat menghasilkan keturunan fertil
  • kemungkinan bermigrasi sangat besar
10. Berbagai macam vegetasi pada ekosistem yang kita kenal, antara lain :
i. rumput   ii. pohon    iii. lumut kerak   iv. lumut daun   v. perdu
Urutan suksesi ekologi yang terjadi di salah satu sisi lereng genung merapi setelah terjadi letusan adalah .....
  • iii - i - iv - v - ii
  • iii - iv - i - v - ii
  • iii - iv - v - i - ii
  • iv - i - iii - v - ii
  • iv - iii - v - i - ii
Demikianlah soal-soal latihan biologi sma kali ini.
Selamat belajar dan berlatih. Sukses selalu buat Anda semua.