Wednesday, March 13, 2013

Hakekat Biologi sebagai ilmu

Hai....apa kabar semua ? semoga selalu bersemangat mengejar cita-cita.
Kali ini soal-soalbiologisma.blogspot.com kembali hadir dengan postingan soal-soal biologi. Kali ini yang akan kami tampilkan adalah materi pokok hakekat biologi sebagai ilmu dengan kompetensi dasar mengidentifikasi ruang lingkup biologi.

Pilihlah jawaban yang paling benar !

1. Yang menjadi obyek kajian biologi adalah ............
a. semua mahkluk hidup yang ada saat ini
b. semua mahkluk hidup yang ada saat ini dan yang hidup di masa lampau
c. hanya mahkluk hidup yang berukuran besar
d. mahkluk hidup yang berukuran mikroskopis
e. mahkluk hidup yang telah mati dan menjadi fosil

2. Dalam klasifikasi sistem 6 kingdom, mahkluk hidup diklasifikasikan ke dalam 6 kingdom / kerajaan, yaitu : archaeobacteria, eubacteria, protista, fungi, plantae dan animalia. Obyek biologi yang anggotanya kebanyakan bersifat prokariotik berasal dari kingdom..........
a. archaeobacteria, eubacteria
b. archaeobacteria, protista
c. archaeobacteria, eubacteria, protista
d. archaeobacteria, eubacteria, fungi
e. archaeobacteria, plantae, animalia

3. Biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan alam dengan ciri-ciri berikut ini, kecuali ..........
a. obyek kajian berupa benda konkrit
b. dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris
c. menggunakan cara berpikir logis
d. hukum, konsep dalam biologi berlaku umum
e. hasil kajian bersifat subyektif

4. Cabang biologi yang secara khusus mengkaji seluk beluk hewan secara umum adalah .........
a. botani
b. zoologi
c. entomologi
d. ornitologi
e. fisiologi

5. Ketika seseorang menemukan suatu permasalahan terkait dengan mahkluk hidup maka orang tersebut akan membuat hipotesis, yaitu .............
a. jawaban yang bersifat khayalan
b. jawaban sementara yang dibuat berdasarkan pengetahuan orang tersebut
c. kesimpulan akhir dari penemuan masalah tersebut
d. rencana penelitian untuk menjawab permasalahan tersebut
e. melakukan identifikasi masalah

6. Sebagai suatu  tindak lanjut dari hipotesisnya, maka seorang ilmuwan akan melakukan...........
a. identifikasi masalah
b. eksperimen
c. menganalisis data
d. membuat kesimpulan
e. merumuskan masalah

7. Secara umum kerangka isi publikasi hasil kegiatan ilmiah terdiri atas bagian-bagian utama, yaitu .........
a. pendahuluan-isi-penunjang
b. pendahuluan-kajian-teori penunjang
c. pendahuluan-isi-hasil
d. isi-hasil-penunjang
e. kajian teori-hasil penunjang

8. Seorang siswa ingin mengetahui pengaruh suhu tinggi terhadap perkecambahan biji jagung. Rumusan masalah yang sesuai adalah ...........
a. bagaimanakah suhu tinggi mempengaruhi perkecambahan biji jagung ?
b. Apakah suhu tinggi berpengaruh terhadap perkecambahan biji jagung ?
c. mengapa biji jagung dipengaruhi oleh duhu tinggi ?
d. kapan suhu tinggi akan mempengaruhi perkecambahan biji jagung >
e. dalam hal apa suhu tinggi mempengaruhi perkecambahan biji jagung ?

9. Pernyataan berikut ini yang merupakan fakta dalam biologi adalah.........
a. berat badan berlebih dapat menyebabkan penyakit
b. penyakit yang disebabkan oleh virus kebanyakan menyerang anak kecil
c. tumbuhan lumut berkembang biak secara vegetatig dengan cara membentuk gemma
d. semua sifat turunan yang dimiliki oleh ayah akan diwariskan kepada semua anak-anaknya
e. Jika manusia tidak makan satu hari, maka bisa menyebabkan penyakit

10. Seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh jarak tanam terhadap tingkat kelurusan batang sengon. Yang merupakan variabes bebas dalam penelitian tersebut adalah ...........
a. jenis tanaman sengonnya
b. asal bibit sengon
c. jarak tanam
d. tingkat kelurusan batang
e. keadaan tanah

Sekian dulu ya... selamat berlatih dan belajar. sukses untuk Anda semua.

No comments:

Post a Comment