Pilihlah satu jawaban yang paling benar !
1. Salah satu cirri khas biologi sebagai bagian dari IPA, adalah
………….
a.
Obyek yang dikaji adalah
benda-benda yang dapat diindera
b.
Dikembangkan berdasarkan
pengalaman empiris
c.
Hasil kajian bersifat apa adanya
berdasarkan fakta
d.
Teori, konsep dan hokum berlaku
secara universal
e.
Merupakan cabang ilmu yang sangat
khusus
2. Obyek-obyek biologi yang berukuran mikroskopis adalah ………………
a.
Archaebacteria dan animalia
b.
Archaebacteria dan eubacteria
c.
Archaebacteria dan protista
d.
Eubacteria dan fungi
e.
Eubacteria dan protista
3. Cabang biologi yang secara khusus mengkaji tentang peri kehidupan
tumbuhan, dinamakan ………..
a.
Anatomi
b.
Fisiologi
c.
Botani
d.
Zoology
e.
Embriologi
4. Sekelompok siswa kelas X sedang mengamati selembar daun singkong,
kemudian mendeskripsikan cirri-ciri morfologisnya. Obyek yang dipelajari oleh
siswa kelas X tersebut, adalah ………..
a.
Archaebacteria
b.
Eubacteria
c.
Protista
d.
Plantae
e.
Animalia
5. Sekelompok siswa mengamati berbagai macam jenis tanaman yang ada
di lingkungan sekitar sekolah. Tema yang dipelajari oleh siswa tersebut adalah
..
a.
Biologi sebagai sains\
b.
Struktur dan fungsi
c.
Sejarah dan konsep biologi
d.
Perilaku
e.
Keanekaragaman
6. Urutan tingkat organisasi kehidupan dari tingkat yang paling
sederhana sampai tingkat yang lebih kompleks, adalah …….
a.
Molekul – sel – jaringan – organ –
organism
b.
Molekul – sel – organ – jaringan –
organism
c.
Sel – molekul – jaringan – organ –
organism
d.
Sel – molekul – organism –
jaringan – organ
e.
Organism – organ – jaringan – sel
– molekul
7. Ketika seseorang mempelajari tentang struktur tubuh seekor lebah, maka obyek tersebut dikaji pada
tingkat …………
a.
Populasi
b.
Individu
c.
Organ
d.
Jaringan
e.
Sel
8. Berikut ini adalah beberapa peranan positif biologi dalam
kehidupan, kecuali …
a.
Membantu manusia dalam mengatasi
masalah pencemaran lingkungan
b.
Memungkinkan dikembangkannya
pestisida biologis
c.
Pengembangan senjata biologi untuk
pertahanan Negara
d.
Meningkatkan produksi hasil
pertanian dan perikanan
e.
Membantu bidang kedokteran dalam
pengobatan berbagai macam penyakit
9. Berikut ini adalah cirri-ciri yang bisa ditemukan pada obyek
biologi.
1.
Memiliki klorofil
2.
Bersel banyak
3.
Bersel Satu
4.
Bersifat prokariotik
5.
Mampu hidup pada lingkungan yang
ekstrem
Cirri yang ditemukan pada kindom archaebacteria, adalah ……….
a.
1, 2 dan 3
b.
1, 2 dan 4
c.
2, 3 dan 4
d.
2, 4 dan 5
e.
3, 4 dan 5
10. Anggota archaebacteria yang
mampu mengubah bahan organic menjadi senyawa metana ( CH4 ) dimasukkan ke dalam
kelompok …………
a.
Halofil
b.
Termofil
c.
Termoasidofil
d.
Metanogen
e.
Acidofil
11. Salah satu cirri yang membedakan archaebacteria dengan eubacteria,
adalah …
a.
Archaebacteria bersel satu,
sedangkan eubacteria bersel banyak
b. Dinding sel archaebacteria tidak
mengandung peptidoglikans, sedangkan dinding sel eubacteria mengandung peptidoglikans
c.
Archaebacterai bersifat
prokariotik, sedangkan eubacteria bersifat eukariotik
d.
Archaebacteria hidup sebagai
parasit, sedangkan eubacteria hidup sebagai saprofit
12. Pernyataan yang bukan merupakan
ciri kingdom eubacteria, adalah ……….
a.
Sebagian besar anggotanya bersel
banyak
b.
Semua anggotanya bersel Satu
c.
Dinding sel mengandung
peptidoglikans
d.
Hanya memiliki satu jenis RNA
polymerase
e.
Berkembang biak secara aseksual
dengan pembelahan biner
13. Perhatiakn gambar berikut !
Berdasarkan bentuknya, nama eubacteria yang benar untuk gambar a
dan b adalah …………….
a.
Monobasil, diplobasil
b.
Monococcus, diplococcus
c.
Tetrabasil, diplobasil
d.
Sterptobasil, tetracoccus
e.
Monobasil, monococcus
14. Dalam klasifikasi , kingdom eubacteria dikelompokkan menjadi dua
kelompok besar yakni kelompok bakteri autotroph dan kelompok bakteri
heterotroph. Dasar pengelompokkan yang digunakan adalah …………..
a.
Ada tidaknya flagel
b.
Cara memetabolisme makanan
c.
Kebutuhan oksigen
d.
Bentuk dan jenis selnya
e.
Kandungan pigmennya
15. Hubungan yang benar antara jenis bakteri dengan manfaatnya bagi
manusia adalah ………….
a.
Treponema pallidumà sifilis
b.
Clostridium tetanià tetanus
c.
Acetobacter xylinumà nata de coco
d.
Pasteurella pestisà alcohol
e. Rhizobium leguminosorumà vitamin Ksoal berikutnya menyusul
No comments:
Post a Comment